10 CARA MERAWAT GITAR YANG BAIK

hei men! hei boy! hey bro! hei gaes! hei sista :*!
pada postingan kali ini akan kita bahas tentang cara merawat gitar, apa saja yang harus kita lakukan dan yang harus kita hindari, demi menjaga kualitas, bentuk, dan suara gitar.
gitar adalah mahluk mati, tidak membutuhkan makan, dan tak berkembang biak. :v
hasil suaranya pun disebabkan oleh kinerja mahluk lain. misalkan petikan tangan manusia, jatuh, dan lain sebagainya. maka dari itu gitar tidak bisa merawat dirinya sendiri. lalu bagaimana agar gitar tetap cantik dan menghasilkan suara cantik?
lakukanlah beberapa hal dibawah ini!
1. SELALU CHEK KEADAAN GITAR
            selalu perhatikan kelengkapan gitar! tanpa sengaja ada saja komponen-komponen pada gitar yang mungkin rusak dan hilang tanpa sepengetahuan kita. misalkan senar putus, toner mrotol dan lain-lain. maka dari itu sering-seringlah mengechek keadaan gitar, dan segera memperbaikinya. jika kerusakannya ringan perbaikilah dengan tangan sendiri, hitung-hitung mengirit aset kekayaan gaes. namun jika kalian tidak bisa mengatasinya, bawalah gitar kalian kepada pihak yang berwajib!service gitar maksudnya. :v
2. KENDORKAN SELURUH SENAR
            Jika gitar tidak akan kita gunakan pada waktu yang lama, maka kendorkanlah seluruh senar pada gitar dengan memutar toner kearah mana senar akan kendor. tips ini untuk menjaga posisi stang/neck gitar agar tidak tertarik kedepan oleh senar, sehingga neck akan mudah bengkong.

3. BERSIHKAN SENAR GITAR DARI KOTORAN
            kotoran-kotoran debu yang ada pada tangan kita akan berpindah pada senar jika sering dimainkan, maka bersihkanlah senar gitar sesering mgnkin. tips ini berguna untuk menjaga senaragar tidak mudah berkarat.
4. MENGGANTI SENAR YANG BERKARAT
            Senar yang sudah lama, biasanya rusak dan berkarat. Ada beberapa kerugian saat kita membiarkan senar yang berkarat ini tetap kita pakai. Yaitu dapat melukai jari-jari kita, dapat merusak freet (besi kolom neck) saat kita bending. Maka dari itu gantilah senar-senar yang berkarat, dan biasakanlah melakukan tips nomer 3. Menjaga lebih baik daripada mengobati.
5. SANDARKAN GITAR DENGAN POSISI TENGKUREP
            jika kalian akan menaruh gitar dengan cara menyandarkan, pada tembok misalnya. maka posisikanlah gitar seakan gitar dalam posisi tengkurep (muka gitar menempel pada tembok). tips ini juga untuk menjaga posisi neck/stang agar tidak maju/bengkong kedepankarena tertekan beban gitar itu sendiri.
 
6. GUNAKAN HANGER
            Lebih amannya, gitar jangan kita letakkan dikasur, dikursi , disandarkan pada tembok dan lain sebagainya, karena secara tidak sengaja terkadang gitar dengan posisi tersebut mudah tertendang oleh orang lain maupun kita sendiri. maka gantunglah gitar dengan hanger gitar pada tembok kamar kalian! tips ini juga berfungsi untuk memperindah penataan kamar. belilah hanger gitar di music shop terdekat, sekitar 25 rb rupiah kok gaes!
 
7. GUNAKAN STAND GITAR
            Cara ini mungkin hampir sama antisipasinya dengan hanger gitar, yaitu menghindari dari kerusakan body karena meletakkan gitar pada sembarangan tempat. Maka dari itu pakailah stand gitar yang bisa kalian dapatkan di toko-toko alat musik terdekat.
 
8. PAKAILAH GITAR CASE JIKA MEMBAWA GITAR BEPERGIAN
            jika kalian akan membawa gitar piknik, perform dll dengan menggunakan kendaraan. maka pakailah case (tas gitar), baik soft case maupun soft case. agar cet gitar aman dari goresan dan benturan. 
 
nah tips ini juga membantu kalian agar praktis dalam bepergian, karena rata-rata case gitar dapat di gendong. jika tidak dalam bepergian, case ini juga membantu menutupi gitar dari godaan debu-debu yang terkutuk. Pengalaman pait ni gaes, dulu gitar pertamaku jatuh dari bagasi mobil dengan keadaan tanpa case, dan syukur gitarnya hancur. Padahal ni gaes gitar tersebut masih baru tiga hari keluar dari toko. Busetdah....
 
9. JEMURLAH GITAR  MINIMAL 5 MENIT (akustik)
            gitar yang menghasilkan suara renyah dan nyaring adalah gitar yang keadaan kayunya tidak basah. Jika keadaan kayu cenderung basah, maka suara yang dihasilkan tidak maksimal. nah... maka dari itu jemurlah gitar minimal lima menit, guna mengeringkan kayu gitar dan suara akan lebih top!
10. SAYANGI GITAR SEPERTI MENYAYANGI PACAR KALIAN. HAHA
            Yeah...! jika kalian sudah memiliki rasa sayang nih gaes pada gitar yang kalian miliki, maka kalian akan menemukan cara-cara tersendiri untuk merawat gitar dengan versi kalian. Oke gaes mngkin itu dari saya. Baca juga artikel-artikel yang lain di akun ini ya, pasti bermanfaat kok. Hehe siyaaa!







 Semoga bermanfaat ya gaes! thanks!
SUPPORTED BY SP CHAPTER MUSIK





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates