10 hal yang harus diperhatikan dalam memilih gitar



Assalamualaikum wr. wb.
salam sejahtera!!! oke gaes... jika kalian kebingungan, jika kalian dilema dalam memilih gitar baru maupun bekas yang tepat. nih...mimin kasi solusinya.
sepuluh tips yang harus diperhatikan sebelum membeli gitar... yeee!!
oke langsung saja...

1. lihat warna cat nya
meskipun warna cat pada kayu gitar tidak berpengaruh terhadap bunyinya, akan tetapi apa salahnya kita memiliki gitar yang berpenampilan masih oke? dengan paras yang tidak memudar.atau jika sudah terlanjur ingin memiliki gitar tersebut, kita masih bisa mengecet ulang kok, dengan inovasi otak kita sendiri.
2. lihat usia kayunya
semakin tua kayu pada gitar, maka semakin kering kayu tersebut. dan hasil suaranya akan semakin renyah. beda cerita dengan kayu yang sudah keropos, lebih baik kalian cari gitar yang lain.
3. perhatikan penataan fret nya
fret adalah kolom-kolom yang ada pada stang gitar. disana dibatasi besi  antara kolom satu ke kolom yang lain. fret ini ada pada bagian neck / stang gitar. sebelum kalian membeli gitar, alangkah pentingnya meneliti kerapihan fret tersebut, besi fret harus sangat lurus tegak vertikal. jika besi fret terlihat miring, menjauhlah dari gitar tersebut, karena kecacatan ini akan berpengaruh buruk dan fatal pada nada gitar. akan selalu fals suara yang dihasilkan, disebabkan letak nada yang sudah tak beraturan. (sudah dua kali admin mengalami hal tersebut).

4. neck harus lurus
neck atau gagang gitar lama kelamaan akan semakin maju karena tertarik oleh senar. jika neck sudah tidak lurus / bengkong kedepan, senar akan lebih menjauh dari kayu neck, alhasil saat penekanan senar tangan kita akan terasa sakit karena harus lebih kencang menekan senar untuk menempelkannya pada kayu.
lalu bagaimana agar kita mengetahui neck lurus dan tidaknya? lihat lah dari tabung gitar bagian belakang! (nganu loh rek, bokonge gitar iku). dilihat dengan mata tertutup sebelah, bergaya sniper misalnya. maka neck akan terlihat jelas lurus tidaknya.

syukur-syukur kalau didalam neck sudah tertanam besi, maka stang akan bisa diluruskan kembali dengan cara ujung besinya diputar memakai kunci L.
5. cek tepi / pojok tabungnya (accoustick gitar)
kebanyakan gitar yang sudah lama, dan tidak benar-benar dirawat oleh pemiliknya, bagian tepi tabung akan menganga, sebab lemnya sudah rusak dan mengelupas. biasanya hal ini akibat dari benturan tepi tabung dengan tembok, lantai dan benda keras lainnya. jika sudah terlanjur? kita bisa menservis gitar tersebut pada pande gitar. jangan dilem sendiri! sebab jika ada kesalahan pada pengelemannya, akan berakibat fatal pada suara gitar. apalagi hanya di tempelin tape, lakban, dan pita perekat lainnya.
6. lihat dalam tabung (accoustic gitar)
biasanya pemilik gitar yang terkesan jorok, ia akan membuat lobang pada tabung gitar sebagai asbak menangnya sendiri, lebih-lebih membuang puntung rokoknya di dalam tabung gitar. meskipun sangat minim pengaruhnya terhadap suara, akan tetapi ini berpengaruh terhadap estetika gitar, dan nilai seninya kurang. bukannya seni itu tentang keindahaan ya brader?. jika tabung sudah berisi sampah-sampah, lalu nilai seninya terletak dimana?ceilah...
7.  tertanam besi di dalam neck gitar
seperti yang sudah di jelaskan pada nomer empat, tertanam besi ini untuk mengantisipasi neck bengkong, dan bisa di luruskan kembali dengan cara memutar besi tersebut menggunakan obeng.
8. chek dryer atau tonernya

pada gitar bekas, tidak jarang ada dryernya yang sudah rusak, berkarat dan sudah dol. akibatnya senar gitar sudah tidak bisa di setel lagi. tapi untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengganti dengan dryer yang baru, sudah tersedia di toko musik terdekat.
9. memilih tabung besar (accoustic)

gitar tabung besar biasanya akan memiliki hasil suara yang lebih renyah dan gema, karena tabung besar ini terdapat lebih banyak ruang untuk menangkap dan memantulkan suara. namun pada dasarnya tidak sedikit gitar tabung kecil yang memiliki hasil suara yang sama renyahnya dengan tabung besar. tergantung pada kualitasnya. jadi ini adalah hal relatif, tergantung pada kesukaan personal masing-masing.
10. mengedepankan qualitas dan bergaransi
walaupun gitar-gitar berqualitas tinggi cenderung memiliki harga yang bisa dikatakan lebih mahal, akan tetapi hal ini sangat minim cacat fisik seperti beberapa pembahasan diatas. intinya akan lebih aman dari kerusakan-kerusakan.
lebih-lebih memilih gitar yang bergaransi. tips ini mengantisipasi cacat fisik yang baru kita sadari saat gitar sudah terlanjur dibeli dan dibawa pulang kerumah. jadi kita bisa mengganti dengan gitar yang lebih sempurna dari toko tempat transaksi tadi.
nah... itulah sepuluh hal yang harus kita perhatikan sebelum membeli gitar. ini hanya dari asumsi admin berdasarkan pengalaman. tentu ada perbedaan pendapat dari para penikmat musik yang lain. sekali lagi musik itu relatif, bermacam-macam asumsi tapi tujuannya sama. itulah yang dinamakan seni, pasti ada banyak warna didalamnya yang bersatu dalam keindahan dan estetika. setdahh..
oke... mungkin itu saja gaes artikel kali ini. jika masih ada kebingungan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dikolom komentar.
semoga bermanfaat ya brader!!! thanks and siya!

supported by : Sedulur pati comunity, all band of sedulur pati, bidang seni musik SP and kedua orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates