NAMA-NAMA BAGIAN DAN KOMPONEN GITAR ACCOUSTIC


Hey gaes!
buat kalian pemula belajar bermain gitar, kalian harus tau ini!
Pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Jika di istilahkan pada gitar, maka rugi rasanya bisa bermain gitar tanpa mengenali komponennya. Maka dari itu, kita harus mengetahui nama-nama tersebut. Ingat! Kalian tidak akan rugi jika mengetahuinya, hehe. Kalian tidak akan terkesan membuang-buang waktu membaca artikel ini. Sebab sangat banyak manfaatnya. Misal jika kita yang masih pemula belajar gitar dengan jalur otodidag/internet, hal ini akan meminimalisir kebingungan belajar gitar . Sebab diinternet kita tidak berpapasan langsung dengan tutor, lalu bagaimana jika kita tidak mengerti saat tutor mengungkapkan/menuliskan bahasa yang masih asing dan tidak pernah kita dengar? Misalkan toner, bridge, pick guard, tremolo dll. Nahhh! Disinilah manfaatnya.
Oke langsung saja. Ini pada gitar accoustic dulu ya! Untuk gitar elektriknya menyusul.
1       TABUNG GITAR
 
Adalah komponen yang berguna sebagai penangkap dan pemantul suara senar.
2.       PICK GUARD

Adalah komponen yang mencegah kerusakan dan tergoresnya tabung atau body gitar dari gesekan pick.
3.       BRIDGE
 
Adalah komponen yang menjadi penahan senar di bagian belakang.
4.       FRET
 
Adalah komponen yang berbentuk papan kolom, ini mengatur tinggi rendahnya nada. Dan kolom tersebut di batasi dengan besi-besi kecil. Maka dari itu diberi nama besi fret.
5.       NECK/STANG
 
Adalah komponen yang berbentuk panjang. Fungsinya sebagai tempat penempelan fret.
6.       TONER / DRYER
 
Adalah komponen yang mengatur nada pada senar, kita bisa memutar maju mundurkan toner dalam penyetelan gitar untuk merubah nada.
7.       HEAD

Seperti artinya, head ialah kepala. Berarti yang menjadi bagian kepala gitar adalah head, karena pada bagian ini terdapat toner yang menjadi otak lah istilahnya, sebab kinerja senar tergantung perintah toner.
8.       STRAP
 
Adalah berbentuk sabuk yang digunakan sebagai alat untuk menggendong gitar (busetdah manja sekali ini gitar minta digendong segala) saat kita memainkan gitar dengan posisi berdiri.
9.       ANPIN 
 
Namanya saja sudah imut, seperti upin ipin. Komponen kecil mungil ini adalah alat penyanggah strap gitar.
10.   PICK
 
Adalah alat untuk memetik senar gitar. Meskipun benda ini tidak masuk pada komponen gitar, akan tetapi pick dan gitar sudah menjadi jodoh, saling menutupi kekurangan. Karena tidak mungkin si pick digunakan untuk memukul drum :v, ini namanya si pick selingkuh dengan si drum, dan si gitar galau lalu menggantung diri!
 
 Eh apaan sih.

Oke para calon gitaris hebat!
Sampai disini dulu ya! Semoga bermanfaat buat kita semua didunia dan di akhirat amin!!!. Like jika kalian suka artikel ini, dan jangan sungkan-sungkan untuk menshare. Semakin sering sharing, semakin ilmu kalian akan bertambah, tidak mungkin berkurang tuh pengetahuan. Percaya deh!
Oke thanks and siya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates