CARA MENYETEM GITAR MUDAH UNTUK PEMULA

CARA MENYETEM GITAR MUDAH UNTUK PEMULA
Hey ges! sudah nyampe mana nih belajar gitarnya? Sudah bisa mengiringi berapa lagu? Sudah bisa mempraktekan seluruh chord kah? mulai daari A mayor, a Minor, B mayor, b Minor, dan seterusnya.
nahh... kalau kalian sudah merasa bisa mempraktekannya, tugas kalian selanjutnya adalah mempelajari cara menyetem gitar. apakah ini penting? YO IYO TOH!
Percuma coy kalo kamu bisa main gitar, but kamu gak bisa menyetem gitarnya itu sendiri!
Untuk pertama kali boleh lah mintak bantuan orang lain, tapi kedepannya? inget! Orang lain memiliki kesibukan masing-masing. Siapa tau nih secara tiba-tiba ada yang nyuruh kamu ngisi sebuah acara dengan gitaran, sedangkan gitarnya masih belum terpasang senar. Masih mau bingung cari temen yang bisa nyetem? masih bingung cari guru kalian belajar gitar? ya gak mungkin juga kan? Dalam posisi ini, namamu sebagai orang yang bisa maen gitar sedang diuji, tanda kutip GAK BISA NYETEM GITAR SENDIRI!
 Contoh kecilnya lah, ketika kamu lagi berdua sama pasangan kamu. Secara tiba-tiba dia minta di nyanyiin sebuah lagu romantis, Okelah lagunya ngenak bisa bikin baper, tapi jika gitar yang kamu mainkan fals, itu masalah besar boy! wkwkwkwk
nah!!! maka dari itu Anak Emak akan ngasi tau 3 cara untuk menyetem gitar mudah bagi pemula.
Sebelumnya kamu harus mengetahui urutan nada dari setiap senar gitar! mulai dari senar nomer enam sampai nomer satu, atau mudahnya dari senar paling atas sampai senar paling bawah.
yaitu (6,5,4,3,2,1,) (E, A, D, G, B, E)
Lebih luasnya di https://hasanabdulwafi123.blogspot.com/2017/12/urutab-nada-pada-senar-gitar.html

Oke!
1. BANTUAN KEYBOARD
Sediakan Keyboard/Organ. Kalian harus menyamakan nada senar paling atas dengan nada E di keyboard, kalian puter-puter tuh toner gitar sampai senar ke enam benar-benar sama suaranya dengan nada E keyboard. begitupun senar ke lima. kalian harus mencari nada A.
Dan seterusnya, sampai urutan senar pada gitar benar-benar berposisi E A D G B E.

2. MANUAL TANPA ALAT BANTU
Mungkin kalian masih kesulitan dengan langkah pertama tadi, karena beralasan tidak ada keyboard/Organ.
Nah, cara manualnya seperti ini.
Kalian tetep harus mengetahui urutan nada senar gitar. ( E A D G B E).
Posisikan senar paling atas tepat pada nada E.
lah? terus bagaimana cara membuat senar atas menjadi nada E?
Mungkin gitaris senior sudah hafal dan peka bagaimana bunyi nada E. Namun untuk pemula seperti kita jelas masih kebingungan.
> Senar 6
-pengalamanku dulu, yaitu memutar lagu yang berisi chord E. ketika nada E itu berbunyi baru kita menyamakannya. puter-puter toner sampai suara yang dihasilkan sama dengan chord E tersebut.
jika kamu sudah mengantongi nada E pada senar nomer enam, atau senar paling atas. Masalah selesai!!! Selanjutnya kita mencari nada A di senar nomer lima. (dua dari atas).
> Senar 5
-caranya adalah mencari nada E pada senar nomer 5. Tekan kolom ke tujuh, lalu petik kedua senar (senar ke enam dan kelima).
sampai kedua senar tersebut memiliki nada yang sama! jika belum sama, kalian bisa putar-putar toner nomer urut lima! sampai pada akhirnya senar nomer lima dan enam benar-benar memiliki bunyi yang sama, benar-benar mengeluarkan nada E.
jika senar nomer urut 5 di petik tanpa menekan kolom fret ke 7, maka bunyi yang dihasilkan adalah nada E.
DONE!
> Senar 4
-Selanjutnya adalah mencari nada A pada senar nomer urut 4 (tiga dari atas).
caranya, tekan kolom/fret ke tujuh pada senar nomer urut 4. lalu petik kedua senar (senar nomer 4 dan 5). jika suara kedua senar ini belum sama, maka senar ke empat belum berposisi pada tempatnya! ceilehh!!! wkwkwk. so, kalian putar-putar lagi toner senar ke 4 tersebut sampai benar-benar sama suaranya dengan senar nomer 5.
jika sudah sama? petik senar nomer 4 tanpa menekan kolom ke 7. maka suara yang dihasilkan adalah nada D.
senar ke empat BUNGKUSH!!!
> Senar 3
- sekarang kita berurusan dengan senar nomer 3.
cari nada D pada senar nomer 3, caranya adalah tekan dua senar (senar nomer 3 dan 4) dengan menekan fret/kolom ke 14 pada senar nomer urut 3. sampai nada senar nomer urut 3 & benar-benar sama, caranya ya sama seperti diatas, yaitu memutar-mutar toner senar nomer urut 3. jika sudah sama nadanya, maka senar nomer 3 tanpa menekan kolom 14, akan memiliki nada G.
- Senar 2
cari nada G pada senar nomer urut dua, dengan cara memetik senar nomer 3 dan senar nomer 2 secara bersamaan, tekan kolom 8 di senar nomer urut 2. jika belum sempurna, maka seperti biasa putar-putar toner senar nomer urut dua!
-Senar 1
cari nada B pada senar nomer urut satu!
dengan menekan kolom/fret 7 pada senar nomer 1. lalu petik kedua senar (senar 1 dan dua).
Jika langkah-langkah diatas sudah selesai kalian laksanakan, maka gitar siap untuk berperang! hahahaha!
namun, jika kalian masih bingung dengan cara diatas, sepertinya kamu masih butuh bertemu dan konsultasi pada orang yang lebih berpengalaman deh! soalnya, kalian akan sulit memahami anjuran-anjuran diatas tanpa dampingi orang yang jam terbangnya lebih banyak!
saran penulis, artikel ini masih butuh dampingan guru atau orang yang lebih berpengalaman!
dan kalian harus banyak membaca lagi tentang urutan nada senar gitar, dan nama-nama komponen pada gitar. ada kok di artikel lain pada akun blog ini!
https://hasanabdulwafi123.blogspot.com/2017/12/urutab-nada-pada-senar-gitar.html
https://hasanabdulwafi123.blogspot.com/2017/12/nama-nama-bagian-dan-komponen-gitar.html
3. APLIKASI ANDROID
nah!!! langkah yang paling gampang menurut penulis adalah dengan bantuan aplikasi toner/ peyetem gitar pada android kamu!
sudah banyak nih aplikasi-aplikasi penyetem gitar di playstore sekarang, kalian tinggal cari di playstore android kalian. banyak, bahkan buaanyak banget!
tapi, ada yang bilang aplikasi toner gitar diandroid adalah pembodohan!
menurutku relatif iya dan relatif nggak sih!
kenapa nggak? soalnya aplikasi ini sangat membantu secara simple tanpa berfikir keras, kita tinggal muter-muter toner aja.
kenapa iya? aplikasi ini membuat kita malas, khususnya para pemula. Aplikasi ini memberikan cara instant! jadi, proses belajarnya dimana? otak kita tidak akan cepat peka dengan nada!
jangan manja lah intinya! wkwkwk
Namun, mau pakai langkah apapun, kita dituntut untuk menghafal urutan nada pada senar gitar (E A D G B E).
yes!!! semoga tulisan yang blepotan ini bisa bantu kamu dalam berproses ya brader!!!
jangan lupa di share ke temen-temen kalian agar meareka juga tau tulisan ini!
Follow agar lebih mudah kalian berproses secara bertahap!
thank you!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates