10 HAL YANG PERLU DI PERSIAPKAN SEBELUM BELAJAR GITAR

 Halo gaes! Ini merupakan blog pertama saya, alasan buat blog ini adalah ingin sharing tentang pengalaman belajar bermain alat musik, terutama pada alat musik yang namanya gitar. Karena apa? Pengalaman belajar gitar dulu selain tanya pada temen-temen kampus yang sudah bisa,  juga tidak sedikit saya dapatkan pengetahuan tentang gitar dari internet. Maka dari itu saya share kembali ke internet dg jalan blog ini, apa yang pernah saya dapatkan dari google, saya kembalikan pada google. Istilah lamanya adalah pengabdian terhadap kyai google. wkwkwk

Gitar adalah salah satu alat musik yang sering menjadi pengiring  pada jenis musik apapun, baik itu band, dangdut, dan jenis musik lainnya. Tak sedikit orang yang mempelajarinya, karena alat jenis musik gitar ini sangat pas dijadikan teman santai misal ketika berkemah, bertamasya, dan lain sebagainya. Selain murah,  simple, gitar juga tidak membutuhkan listrik (kecuali gitar elektric), dan yang paling penting ketika dibuat santai, tidak terlalu mengganggu orang lain disekitar kita. Oke juga kan? Jadi buat anda yang ingin bisa memainkan gitar, yuk sharing bareng di blog ini! Saya akan berbagi pengalaman tentang gitar ini mulai dari awal sampai apa yang saya ketahui benar-benar saya keluarkan semua, maka dari itu jangan tinggalkan kolom komentar ya gaes! Bertanyalah apa yang belum kalian mengerti, tinggalkan kritik dan sarannya yang membangun juga saya harapkan.

Wokee! sebelum ke materi cara bermain gitar,  mari kita sharing terlebih dahulu apa saja yang perlu dipersiapkan bagi para pemula, bahkan yang belum punya dasar sedikitpun (dari nol).

Antara lain :

1. Adanya Keinginan dan semangat yang tinggi dalam soul
Tanpa perlu pembahasan panjang lagi, pada pembelajaran apapun gaes! semangat ini memang harus ada pada diri kita. Semua orang bisa saja belajar bermain gitar, akan tetapi jika semangat tidak ada dalam dirinya, maka yang akan mereka ketahui hanya itu-itu saja, itupun membutuhkan waktu yang lama untuk memahaminya. Maka dari itu tanamkan terlebih dahulu apa itu semangat apa iu niat. Pengalaman saya dahulu, banyak dari temen-temen yang minta untuk diajari gitar, akan tetapi hanya sedikit dari mereka yang berhasil dan berlanjut, faktor perbedaannya terletak pada semangat tersebut.

2. Adanya pendampingan oleh teman kalian yang sudah bisa bermain gitar
Sulit memang  seseorang yang belajar bermain gitar secara otodidag hanya bermodalkan tutorial dari buku, artikel, dll. Guna mempercepat keberhasilan, mintalah pendampingan terhadap teman-teman kalian yang sudah bisa bermain gitar. Karena pastilah ada bahasa-bahasa asing pada cara bermain gitar bagi pemula yang masih belum di dengar sama sekali. Misalkan toning, picking up down, dll.

3. Adanya wujud gitar
Adanya wujud gitar, mustahil rasanya berhasil belajar apapun tanpa adanya alat yang dipelajari, meskipun sudah banyak menguasai teori akan tetapi tanpa praktek, utamanya pada gitar. Buat kalian yang belum mempunyai biaya yang cukup, tidak perlu repot-repot membeli gitar sendiri, kalian bisa meminjam punya teman-teman kalian. Dari sanalah muncul kata “untuk bisa tak perlu punya”. (pengalaman pribadi) hehe. Nanti kalau sudah mahir bermain gitar, ada saja rejeki untuk membeli gitar yang bagus.

4. Buang terlebih dahulu rasa ingin gaya-gayaan / memikat lawan jenis
Bermain gitar itu merupakan passion atau dorongan dari dalam jiwa, asek. Jika kalian belajar gitar hanya sebatas ingin bergaya dan ingin dipandang romantis oleh lawan jenis, maka yang akan kalian dapatkan adalah cover yang tidak sepadan dengan skill. Sehingga ahirnya akan mempermalukan diri sendiri ketika berkumpul dengan orang-orang yang sudah bisa bermain gitar. Istilah lainnya “skillmu tidak setinggi gayamu”. Jika mengambil dari kata bijak alm, bob sadino. “orang yang benar-benar punya, tidak akan banyak omong seperti orang yang pura-pura punya. Bisa dijabarkan juga menjadi orang yang benar-benar bisa tidak akan banyak omong seperti orang yang pura-pura bisa.

5. Sering-sering mencari tahu tentang belajar gitar di google / di youtube
Seperti yang sudah saya paparkan di pengantar tadi gaes, selain tanya-tanya pada temen, saya juga banyak dapat pengetahuan dari internet, buka-buka google, youtube, blog yang bertema belajar gitar, dan lain sebagainya. Itu yang pernah saya dapatkan saat baru belajar gitar dahulu. Jadi kalian juga dianjurkan untuk sering buka-buka internet, ya contohnya yang sekarang kalian lakukan ini. Mantap gan!!

6. Potong kuku tangan kalian
Jika kuku kalian panjang, maka proses penekanan senar gitar akan memiliki kesulitan lebih-lebih kalian tidak bisa menekannya, ujung jari tidak akan bisa menempel pada senar gitar dikarenakan kuku sudah menempel terlebih dahulu pada kayu neck gitar, jadi proses penekanan senar terhalang. Maka dari itu potonglah kuku kalian. Pada fase ini kalian akan mendapatkan dua manfaat, manfaat yang pertama, kalian lebih mudah menekan senar gitarnya, manfaat yang kedua adalah kuku kalian rapi dan terlihat lebih bersih.hehe

7. Menahan Rasa sakit pada ujung jari
Bukan keasingan lagi mendengar keluhan temen-temen merasa sakit pada bagian ujung jari ketika menekan senar. Wajar saja gaes! Kalau boleh menjawab nih ya, ketika kalian merasa sakit, tetep tekan saja senarnya, agar kalian terbiasa dengan rasa sakit itu, “bisa karena terbiasa”. Seiring berjalannya waktu ujung jari kalian akan terbiasa, sehingga rasa sakitnya tidak akan terasa lagi. Jadi, untuk pertama kalinya kalian memang akan merasa sakit, lama-kelamaan nggak kok gaes!. Hehe (ujung jarimu masih perawan, wajar sakit wkwkwk)

8. Rutin berlatih
jadi buat kalian yang sekarang belajar gitar, kalian harus rutin-rutinlah berlatih agar cepat bisa memainkannya. Dengan catatan tidak mengganggu kegiatan positif lain, misalkan sekolah, belajar, kulyah, pekerjaan dll. Karena tak sedikit yang menyukai sesuatu sehingga lupa akan kewajiban yang harus di lakukan. Berlatihlah pada waktu senggang, masih banyak kan waktu luangnya.kecuali kalian memang sangat membutuhkan latihan ini.

9. Abaikan ejekan orang lain
Pada fase-fase belajar, kalian akan menerima banyak ejekan, klaim, ditertawakan orang lain. Karena jujur saja, pertama kali orang bermain gitar sangatlah terdengar buruk, karena kalian masih belum terbiasa dengan hal itu. Saya, bahkan gitaris-gitaris handalpun pasti mengalami hal buruk itu di waktu pertama kalinya bergitar dahulu, bahkan saya masih ingat betul kapan dan dimana saya ditertawai oleh om sendiri gara-gara suara gitar yang saya petik. Abaikan saja gaes! Namanya juga belajar, berawal dari tidak bisa menjadi bisa. Keren!!

10. Jangan terlebih dahulu fokus pada satu genre musik
Sebenarnya ini tidak terlalu mencolok, namun apa salahnya jika juga disebutkan dalam kesempatan ini. Jangan terlebih dahulu fokus pada satu genre musik. Dalam artian kalian boleh saja menjadi anak punk, jadi anak metal dan lain sebagainya.  Akan  tetapi dalam pembelajaran gitar, belajarlah terlebih dahulu yang gampang-gampang saja, misal suatu contoh  lagu pop dan lagu-lagu ringan lainnya, agar supaya fase kalian bertahap selangkah demi selangkah. Adapun musik rock, metal, punk dan lain sebagainya ini adalah genre musik yang bertempo cepat, jadi biasanya dimainkan oleh gitaris ahli yang sudah mahir. ingat! Bertahap ya gaes! Tapi bukan berarti cara main gitar pada musik pop berarti lagu mudah, akan tetapi mudah dijangkau telinga lirik dan chordnya.

Oke gaes! Mungkin itu dulu ya hal-hal yang harus kalian persiapkan sebelum kalian belajar gitar, sebenernya masih banyak lagi, namun tak mungkin saya tuliskan semua disini karna faktor lupa. Hehe nantinya juga kalian bakalan temui sendiri setelah belajar gitar. Sumber dari tulisan ini adalah pengalaman,tidak bersumber pada buku apapun, :V  Jangan lupa like ya gaes! Komentar kalau ada yang mau ditanyakan, dan juga kritik sarannya!
untuk chordnya silahkan klik disini dengan hati yang senang.

2 komentar:

  1. ka saya benar" ingin bermain gitar dari dahulu , cuman saya g punya gitar dan begitupun teman teman saya gimna ya( hhe curhat

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mau sharing kak. Udah ada gitar nya tapi pas belajar patah semangat. But thanks you motivated me

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates